Rabu, 04 Januari 2017

Tips Menata Ruang Simpel Minimalis

Ruang Simpel Minimalis
Bismillah,  harus diakui bahwa menata ruang di sebuah rumah mungil pasti berbeda dengan menata ruang di rumah besar yang memiliki lahan leluasa. Jika kita menata ruang di rumah berukuran luas, maka berbagai ide penataan ruang interior dengan berbagai ornamennya cenderung lebih mudah untuk diaplikasikan. Sementara di rumah mungil yang memiliki ruang yang terbatas, pengaplikasian ide-ide penataan tidak terlalu leluasa, karenanya diperlukan kreatifitas di dalamnya. Diantaranya dengan memperhatikan prinsip penataan ruang yang maksimal secara fungsi dan efisien agar luangan terasa lebih lega.

Berbicara mengenai prinsip penataan ruang yang efisien dan fungsional, satu poin penting yang harus dipehartikan adalah jangan sampai ada ruang yang terbuang percuma. Setiap inchi ruang yang ada sebaiknya termanfaat untuk satu fungsi tertentu. Di bawah ini beberapa tips yang dapat diaplikasikan untuk menata ruang interior di rumah mungil agar maksimal :

  1. Untuk menghasilkan penataan ruang yang efisien, pilihlah bentuk furnitur yang geometri
  2. Untuk menciptakan jalur sirkulasi yang efisien, tempatkanlah titik-titik sirkulasi (dalam hal ini terutama pintu) pada jalur yang segaris. Penempatan titik-titik sirkulasi dalam jalur segaris tidak akan banyak menyita ruang untuk area transisi.
  3. Untuk memaksimalkan fungsi ruang, manfaatkanlah ruang sisa untuk area penyimpanan (storage)

Terciptanya kenyamanan pada sebuah ruang hunian, tentu tidak akan bisa dicapai hanya dengan memperhatikan aspek fungsi saja, akan tetapi aspek yang berkaitan dengan keindahan tampilan atau yang biasa disebut dengan aspek estetika tentu mejadi bagian yang penting juga dalam sebuah rumah.

Dalam mendesain unsur-unsur interior, satu poin penting yang harus diperhatikan adalah konsisten dalam pemilihan satu tema. Misal, dengan menetapkan pilihan gaya penataan interior yang cocok dengan kebutuhan serta selera penghuni rumah.
Interior dengan tema simpel minimalis bisa menjadi solusi bagi bermacam permasalahan yang menjadi kendala dalam menata sebuah rumah mungil yang tentunya memiliki keterbatasan ruang. Gaya interior seperti ini bisa memberikan kesan lapang pada setiap ruangan sehingga sangat sesuai untuk diaplikasikan.

Berikut hal-hal yang bisa diaplikasian untuk mencapai tujuan tersebut di atas :

1. Layout ruang yang efisien
2. Pemilihan serta penataan furnitur yang praktis dan maksimal dalam fungsi
3. Tidak terlalu banyak pernik di dalam ruangan
4. Pemilihan material, pencahayaan, dan warna cerah yang memberikan kesan lega

Dari beberapa prinsip penataan yang disebutkan, secara global dapat dikelompokkan menjadi dua hal utama; yakni layout yang efisien, dan tampilan visual interior yang menarik. Layout yang efisien diantaranya bisa diperoleh dari perencanaan kebutuhan ruang, seperti misalnya apakah ada ruang-ruang yang bisa dibuat dalam posisi satu garis, atau apakah ada batas ruang yang akan dipisah atau digabung, dan lain-lain. Sementara tampilan visual interior yang menarik dapat diatur dengan memperhatikan model furnitur, pernak pernik, partisi, maupun unsur-unsur interior lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat..










0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More