Rabu, 04 Januari 2017

Berkreasi di Rumah Mungil Minimalis


Bismillah,

Di rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau biasa disebut rumah mungil dengan luas terbatas, biasanya akan ditemui beberapa masalah dalam menata ruang yang sulit untuk dihindari. Masalah yanng banyak ditemui dalam penataan rumah mungil khususnya interior adalah terbatasnya implementasi pembagian ruangan. Ditambah lagi dengan permasalahan dalam pemilihan serta penempatan furnitur di dalamnya. Selain itu juga area penyimpanan kadang menjadi masalah yang memerlukan solusi untuk mengatasinya.

Di dalam setiap permasalahan, sebenarnya selalu ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, termasuk dalam hal ini solusi untuk mengatasi penataan ruang di rumah mungil minimalis, khususnya pada interiornya. Misalnya, keterbatasan pada implementasi pembagian ruang bisa diatasi dengan cara pemberian layout yang efisien dalam menempatkan furnitur di dalam rumah. Permasalahan area penyimpanan atau storage bisa coba diatasi dengan memanfaatkan ruang-ruang sisa dan penggunaan furnitur multifungsi misalnya. Atau pemilihan warna-warna dengan kecenderungan netral agar memperoleh kesan yang lapang atau lega dapat diaplikasikan untuk mengatasi permasalahan ruang yang sempit.

Aplikasi dari hal-hal tersebut di atas sejalan dengan prinsip dasar dalam penataan interior rumah yang simpel dan minimalis. Tata letak atau layout ruangan yang efektif dan efisien, penggunaan furnitur yang praktis dan multifungsi, pemilihan warna-warna netral untuk memberi kesan luas, ditambah ornamen-ornamen simpel yang memberi kesan manis pada rumah. Maka hal-hal tersebut diatas tentu sangat rasional dilakukan untuk memberikan solusi bagi penataan rumah minimalis yang berukuran mungil. Satu yang yang perlu diperhatikan adalah, sentuhan kreatif sangat dibutuhkan untuk menyegarkan tampilan rumah khususnya interiornya agar tampilan yang terlalu fungsional dan terlihat datar atau bahkan monoton tidak terjadi.

Aplikasi sentuhan-setuhan kecil pada warna sangat memungkinkan untuk mewujudkan suasana ruang lebih berkesan cerah, dengan menonjolkan warna yang cenderung kontras sebagai aksennya. Begitu juga tambahan sentuhan-sentuhan kreatif pada material rumah mungil. Pemilihan desain tangga minimalis misalnya, atau material berbahan besi lainnya. Atau mungkin juga menghadirkan ornamen batu alam pada interior simpel minimalis, dapat memberikan kesan natural yang akan lebih menyegarkan tampilan dan suasana. Intinya, berbagai ide kreatif pada penataan ruang simpel tersebut akan memunculkan solusi desain selain dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sehingga estetika dan keindahan rumah Anda dapat tercipta.

Hal-hal tersebut di atas adalah aplikasi untuk interior rumah. Kita belum membahas aplikasi yang dapat dilakukan untuk eksterior rumah mungil seperti penempatan canopy atau kanopi, pemilihan jenis dan desain pagar minimalis yang efektif dan efisien, dan yang lainnya. Sekali lagi, intinya adalah dibutuhkan kretifitas untuk menyiasati agar rumah Anda tetap dapat membuat betah dan berkesan lapang, sekalipun pada kenyataannya berukuran terbatas.


Semoga bermanfaat.. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More