Sabtu, 11 Februari 2017

Mengenal Jenis-Jenis Besi (Bagian 2)

Para pembaca yang budiman, tulisan selanjutnya kali ini masih membahas mengenai mengenal jenis-jenis besi dimana pada dua tulisan sebelumnya di web ini juga dibahas beberapa jenis besi yang biasa diaplikasikan untuk berbagai produk kebutuhan rumah berbahan besi.

Bagi anda yang belum membacanya, anda dapat membaca artikel-artikel sebelumnya dengan mengklik Besi Cor atau Besi Hollow dan Besi Galvanis. Sekarang mari kita lanjut ke jenis-jenis besi selanjutnya yaitu Besi Strip, Besi Pelat, Besi Siku dan Besi Flens.

Besi Strip dan Besi Pelat

Besi Pelat

Besi Strip

Besi strip adalah pengembangan dari besi polos yang berbentuk lempengan, alias variasi dari besi polos yang sudah ada lebih dulu.

Di pasaran besi sendiri, besi strip tersedia dengan panjang 3 sampai dengan 4 meter tergantung dari lebar stripnya. Besi ini diklasifikasikan berdasarkan lebar dan ketebalan potongan besinya. Misal, untuk besi strip dengan lebar 3 centimeter dan ketebalan 2 milimeter disebut besi strip 3/2. Varian produk besi strip ini diantaranya : Besi 1.5/2, besi 2/2, besi 2.5/2, besi 3/2, besi 3/3, dan demikian seterusnya. Berbicara mengenai harga, maka harga besi strip di pasaran sangatlah bervariasi bergantung pada tingkat ketebalan bes dan lebar penampangnya.

Besi strip banyak digunakan untuk angkur-angkur selain sering juga digunakan untuk memperkuat bagian-bagian benda tertentu yang sulit atau bahkan tidak memungkinkan dipergunakan oleh jenis besi yang lain.

Besi Pelat

Selain besi strip, besi pelat juga termasuk besi yang banyak dijual di pasaran. Besi ini berukuran cukup besar yaitu 120 centimeter x 240 centimeter dengan ketebalan besi antara 1 sampai dengan 15 mm. Walaupun begitu, jenis ukuran besi yang paling banyak dijual di pasaran adalah jenis besi pelat dengan ketebalan antara 1,5 milimeter baik besi polos maupun yang berpola. Karena harganya yang relatif mahal, maka biasanya besi ini digunakan sebagai cover atau penutup bagian bawah pagar saja. Diantara tujuannya adalah untuk mencegah hewan liar masuk ke dalam rumah pemiliknya.

Besi Siku dan Flens

Besi Siku

Sebenarnya besi siku dan flens dalah turunan dari besi strip yang digabung sehingga menjadi bentuk yang lebih rigid ke beberapa arah. Sehingga kedua jenis besi ini lebih kerap digunakan sebagai besi struktural atau besi yang mendukung unsur perkuatan seperti pada pagar ataupun elemen struktur bangunan lainnya.

Bentuk potongan dari penampang besi siku menyerupai huruf L, sementara besi flens memiliki bentuk potongan penampang yang menyerupai huruf I atau H. Oleh karena itu di pasaran biasanya besi ini dikenal dengan sebutan besi L atau besi H, dimana untuk membedakan klasifikasinya ditambahkan kebar siku atau flens dan tebal penampang di belakang namanya.

Misal, sebutan besi L 4/2 adalah sebutan untuk besi siku yang memiliki lebar kaki masing-masing 4 centimeter dengan ketebalan 2 milimeter. Contoh lain misal besi I 6/5/4 yang merupakan sebutan untuk besi flens yang memiliki lebar penampang kaki/sayap 6 centimeter, dengan tinggi penampang 5 centimeter, serta ketebalan 4 centimeter.

Untuk aplikasi pembuatan pagar dengan bentangan sangat besar, atau misal untuk penopang pagar yang berdiri sendiri, jenis besi siku dan flens yang direkomendasikan untuk digunakan mengingat kekuatan dalam menahan beban yang tinggi, serta memiliki kapasitas memadai juga untuk menahan beban dari segala arah. Adapun khusus untuk besi jenis L lebih efektif digunakan untuk menahan beban yang datang dari dua arah sesuai dengan arah sirip yang dimiliki oleh besi itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More