Senin, 08 April 2019

RAGAM KANOPI SECARA UMUM (SERI PENGETAHUAN)-BAG 1


Secara definisi Kanopi adalah Naungan atap yang ada di atas kepala atau sebuah struktur di mana penutup yang dipasang kain atau bahan logam terpasang, berfungsi dapat memberikan keteduhan atau perlindungan dari kondisi cuaca seperti matahari, hujan es, salju dan hujan.

Kanopi juga bisa berupa tenda, umumnya tanpa lantai. Kata ini berasal dari Yunani Kuno asli tulisannya adalah κωνώπειον dan dibaca (konópeion, secara hatfiah adalah "tutup untuk menjaga serangga"), dari kalimat κώνωψ (kónops, berarti "kerucut"), yang merupakan padanan dari bahuvrihi yang berarti "nyamuk". 'O' pertama berubah menjadi 'a' mungkin karena kalimat itu di pengaruhi dari nama suatu tempat bernama Canopus, menurut kebiasaan bangsa Mesir canopus dianggap sebagai sebuah tempat yang mempunyai kesan dengan kemewahan.

Kanopi dalam lingkup arsitektur adalah sesuatu hal yang meliputi proyeksi guna memberikan perlindungan dari cuaca, atau hanya sekedar hiasan. Kanopi semacam itu biasanya didukung oleh sebuah bangunan yang dilekatkan, dan sering juga dipadukaan oleh sebuah pemasangan di tanah yang disediakan tiang penyangga yang tegak.

Kanopi juga bisa berdiri sendiri, seperti kain tertutup gazebo atau cabana. Kanopi dari bahan kain dapat memenuhi dari berbagai kebutuhan desain. Banyak kain modern tahan lama, cerah, mudah dibersihkan, kuat dan tahan api. Bahan ini bisa berupa vinil, akrilik, poliester, atau kanvas.

Bahan rangka modern biasanya menawarkan rasio kekuatan terhadap bobot yang tinggi dan ketahanan terhadap korosi. Kombinasi yang tepat dari sifat-sifat ini dapat menghasilkan produk yang aman, kuat, ekonomis dan menarik.

Kemudian selain itu, ada juga istilah kanopi secara alami. Penasaran? Ini dia..

Kanopi (Anggur)

Dalam kenyataannya pemeliharaan pohon anggur atau kanopi pohon anggur meliputi bisa dibentuk bagian-bagiannya dari tanaman anggur yang tumbuh di atas tanah sehingga terlihat jelas batang, tali pengikat, batang, daun, bunga, dan buah.

Kanopi memainkan peran penting dalam penangkapan energi cahaya melalui fotosintesis, penggunaan air sebagaimana diatur oleh transpirasi, dan iklim mikro dari pematangan anggur.

Manajemen dan pemeliharaan kanopi merupakan aspek penting dari pemeliharaan pohon anggur karena pengaruhnya terhadap hasil yang diinginkan dari budi daya anggur, kualitas, kekuatan, dan pencegahan penyakit anggur.

Berbagai masalah pemeliharaan anggur, seperti pematangan anggur yang tidak merata, terbakar sinar matahari, dan kerusakan akibat hujan es atau salju, dapat diatasi dengan pengelolaan kanopi yang terampil.

Selain pemangkasan dan pemangkasan daun, kanopi sering dilatih tentang sistem terali untuk memandu pertumbuhannya dan membantu akses untuk pengelolaan dan panen yang berkelanjutan.

Bersambung..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More